Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Hacker Lulusan SMP Ini Bobol Situs Tiket Online Hingga Polri

Ilustrasi
Tebar Suara | Direktorat Siber Bareskrim Polri mengungkap otak pelaku pembobolan jual-beli tiket online, tiket.com milik PT Global Networking. Otak aksi peretasan ini adalah SH (19) alias Haikal, yang merupakan lulusan SMP.

Haikal diketahui sudah meretas sebanyak 4.600 situs, termasuk situs milik Polri. Dia belajar meretas ini secara otodidak melalui internet. Uang yang terkumpul dari hasil pembobolan tiket.com milik PT Global Networking tersebut pun cukup fantastis, yaitu mencapai hingga Rp 600 juta.

“Saudara SH otodidak. Berhasil membobol lebih dari 4.600 situs. Di antaranya situs milik Polri, pemerintah pusat dan daerah, situs ojek online dan beberapa situs di luar negeri,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto di kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (5/4).

Akibat tindakan pembobolan tersebut, perusahaan PT Global Networking mengalami kerugian lebih dari Rp 4 miliar. Kasus tersebut sebelumnya dilaporkan oleh PT Global Networking selaku pemilik situs tiket.com pada 11 November 2016.

Rikwanto menjelaskan, kebanyakan peretasan situs yang dilakukan SH bersama temannya, bermotif sekedar unjuk gigi. Sebelum menangkap SH, polisi terlebih dahulu telah mengamankan tiga orang rekannya.

“Kebanyakan urusan unjuk kemampuan, unjuk jago, dia berhasil buka itu dia tunjukan kepada juniornya dan merupakan kebanggaan bagi dirinya,” beber Rikwanto.

SH mengenal rekan-rekannya melalui media sosial Facebook. Ketiganya merupakan ‘pemain gim yang sering berbagi ilmu retas. Rikwanto juga menjelaskan, para pelaku bisa terjerat tiga pasal sekaligus.
“Bisa pencurian, undang-undang ITE, tindak pidana pencucian uang juga kita kenakan kepada yang bersangkutan,” tutup Rikwanto.[]
__________________
[Sumber: Kiblat.net]
Hacker Lulusan SMP Ini Bobol Situs Tiket Online Hingga Polri Reviewed by Redaksi Redaksi 16:43:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Tebar Suara © 2016 - 2017
Thema Design JOJOThemes

Contact Form

Name

Email *

Message *

Sertakan Sumber untuk Setiap Kutipan. Powered by Blogger.