Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Hal-Hal Yang Dilarang Dalam Steemit

Kejahatan.jpg
Sumber
Oleh: Amriadi Al Masjidiy*
Sahabat Steemian kembali saya membahas soal steemit. Tulisan kali ini adalah jawaban dari teman-teman di Sahabat Steem (@majalahsahabat) yang menanyakan apa saja yang dilarang dalam steemit. Mendengar pertanyaan tersebut saya teringat dengan seorang shahabat Nabi yang benama Hudzaifah Al Yamani RA.
“Orang-orang banyak yang bertanya kepada Rasulullah Saw. Tentang kebajikan, sedangkan aku justrus bertanya kepada beliau tentang kejahatan karena takut aku terjerumus melakukannya…” (HR. Muslim No. 3438)
Untuk itu disini saya tulis hal-hal yang dilarang dalam Steemit. Semoga bermanfaat untuk steemian pemula termasuk saya sendiri @amriadits. Saya juga masih awam soal flatform media sosial ini, namun saya terus membaca post manfaat dari @abunagaya dan kawan-kawan.
Password Hilang
Dalam undang-undang steemit, hilang password merupakan hal yang haram. Karena password yang diberikan steemit terdiri dari angka-angka, huruf-huruf dan simbol-simbol sehingga dipastikan anda tidak akan bisa menghafal password. Kalau anda hafal password, itu bisa dipastikan bukan password steemit.
Maka hal yang terlarang dalam steemit pertama adalah hilangnya password. Password jangan sampai hilang atau terpublikasi karena didalamnya terdapat aset anda yang berharga, yaitu steem (SP, SBD), karena itu simpanlah password di tempat aman.
Dalam steemit juga terdapat 5 password yang berbeda yaitu Master Key, Posting Key, Active Key, Owner Key dan Memo Key selengkapnya baca tulisan @abunagaya tentang password steemit.
Plagiat
Steemit anti plagiat, bayangkan saja post dari blog sendiri saja dianggap plagiat apalagi anda meng-copy-paste punya orang lain. Dalam mencegah plagiasi, steemit menciptakan robot @cheetah yang terus memantau post spam atau plagiat di steemit.
Karena @cheetah sebuah robot yang di ciptakan, maka perlu ke waspadaan tingkat dewa. Karena sebagian kecil saja sama dengan web lain akan di klaim oleh @cheetah sebagai plagiasi.
Maka nomor dua yang terlarang oleh steemit adalah plagiat. Termasuk gambar dan video. Maka jika mengutip atau memakai gambar dari google maka letakkan sumber link dalam post steemit. Lebih baik banyak link dari pada datang @cheetah yang bisa menyebabkan turunnya reputasi anda di steemit. Walaupun dalam keterangannya di datangi @cheetahbukan termasuk sebuah pelanggaran. Saya sendiri pernah di datangi robot tersebut karena tidak menyertakan link gambar.
Flag
Semua reputasi awal pengguna steemit adalah 25 dan akan bertambah seiring dengan post, komentar, upvote dan lain-lain. Namun bisa turun seketika jika ditandai dengan flag, karena itu berhati-hatilah anda dalam membuat postingan dan komentar.
Jangan sampai anda mengkampanyekan (spam) yang tidak sesuai dengan aturan steemit, seperti konten pornografi, Sara, melanggar hak cipta, menyerang akun orang lain, post yang ganda dan juga tag yang tidak relevan di steemit.
Masalah flag memang jarang terjadi jika anda menggunakan flatform ini dengan sebaik mungkin. Bahkan flag hampir tidak pernah terjadi jika anda tidak menyerang orang lain atau membuat konten yang salah. Soal flag ini saya juga belum terlalu paham, ada baiknya anda menanyakan kepada steemian yang sudah senior.
Upvote Post Lama
Menurut @abuyanaga jangan meng-upvote postingan yang sudah lewat dari 7 hari. Karena upvote anda tidak akan bernilai untuk post yang anda upvote, bahkan power upvote anda yang akan berkurang dan mereka yang di upvote akan naik reputasi, seiring berjalannya waktu.
Kenapa dengan post seminggu itu? Karena steemit membayar sebuah post dalam waktu 7 hari, selebihnya tidak akan ada lagi reward untuk post itu. Karena itu upvote post lama adalah hal yang di larang. (Selengkanya baca disini)
Hati-hati Dengan Komentar Phishing
Jangan mengirim SBD/SP kepada yang berkomentar menyuruh anda untuk mengirim steem kepada mereka dan iming-iming hadiah upvote besar dan resteem ke jutaan pengguna. Kasus kejadian seperti ini bisa lihat komentar dari @tripadvisor.com, (lihat disini untuk kasus ini). Walaupun ada juga yang benar-benar demikian tapi kebanyakan adalah penipuan.
Phising di komentar juga bisa berupa di kirim suatu link yang mengarahkan kepada suatu web. Itu juga perlu ke hati-hatian, karena bisa jadi link yang kirim untuk di klik tersebut akan menyimpan password steemit anda dan anda bisa bayangkan aset dalam steemit akan hilang begitu saja. Walaupun tidak termasuk tingkat larangan, komentar phishing perlu kehati-hatian.
Terima kasih untuk para steemian senior yang terus memberikan pengarah kepada kami para steemit pemula, ada @abunagaya@arcange@binjeeclick @rismanrachman dan teman-teman NSC (Nanggroe Steemit Community). Tak lupa juga kepada para curator Indonesian steemit @levycore dan @aiqabrago yang telah berkontribusi banyak dalam membangun perkembangan steemit Indonesia. Dan kawan-kawan steemian semua yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
Jika ada salah dalam tulisan ini mohon diperkenankan untuk meralat ataupun memberikan pengarahan yang lebih baik lagi. Karena penulis sendiri baru bergabung dengan steemit dan juga masih awam flatform. Sekali lagi terima kasih dan salam steemian. @amriadits
*Penulis merupakan pendiri Portal Tebar Suara Mediana | Sekjen ISNA Group
Hal-Hal Yang Dilarang Dalam Steemit Reviewed by Redaksi Redaksi 08:41:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Tebar Suara © 2016 - 2017
Thema Design JOJOThemes

Contact Form

Name

Email *

Message *

Sertakan Sumber untuk Setiap Kutipan. Powered by Blogger.